Pengertian Sistem Informasi Pemasaran
Kotler
"Sistem informasi pemasaran adalah struktur yang
berlanjut dan saling berkait dari orang, peralatan serta prosedur yang
ditetapkan untuk menganalisa, menyaring dan membagikan informasi yang spesifik,
tepat waktu dan cermat guna pengambilan keputusan bidang pemasaran dengan
tujuan penyempurnaan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemasaran."
Kenneth P Uhl
"Sistem informasi pemasaran adalah suatu struktur
interaksi secara kompleks antara orang, mesin dan prosedur guna menghasilkan
alur informasi yang teratur tepat dari sumber diluar perusahaan dan dapat
digunakan untuk pengambilan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan bagi
pimpinan."
Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa:
"Sistem informasi pemasaran adalah sistem berupa alat
(computer dll) yang dapat bekerjasama dengan sistem informasi fungsional untuk
mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan bidang pemasaran produk perusahaan."
Jenis Informasi Pemasaran
Prof Philip Kotler tahun 1996 dari Nortwedtern University
menggunakan istilah pusat saraf pemasaran (marketing nerve center) guna
menggambarkan unit-unit baru dalam pemasaran yang mengumpulkan dan mengolah
data informasi dan unit pemasaran.
Menurut Kotler jenis informasi pemasaran dibagi tiga yaitu :
1. Pemasaran (Marketing Intelegence)
Informasi ini hanya mengalir dari lingkungan sekitar ke perusahaan.
2. Informasi Pemasaran Intern (Internal Marketing
Information)
Informasi ini dikumpulkan dari dalam perusahaan sendiri.
3. Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication)
Informasi ini mengalir yang berasal dari perusahaan ke lingkungan sekitar.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar