Sabtu, 21 Oktober 2017

Organisasi dan Akses File

File Secara Fisik dan Secara Logika
File Secara Fisik menunjukan bagaimana file tersebut secara fisik disusun dan disimpan di media simpanan luar contoh : disk magnetik atau pita magnetik.
File secara logika menyangkut bagaimana hubungan antara data dipandang untuk menyediakan informasi kepada pemakai.
File di Organisasikan : yaitu Organisasi File
  1. Sequential : file dengan  pengorganisasian urut dan pengaksesan urut
  2. Indexed Sequential : file dengan organisasi urut dan pengaksesan secara langsung
  3. Random/Relative : file dengan Organisasi acak dengan pengaksesan secara langsung
Organisasi file adalah pengaturan dari record secara logika didalam file dihubungkan satu dengan yang lainnya.
Akses file (access file) adalah suatu metode yang menunjukkan bagaimana
suatu program komputer akan membaca record-record dari suatu file.
Akses File (Pengaksesan File) dapa dilakukan :
  1. Sequential access
Melakukan proses membaca dan menulis suatu record didalam file dengan cara membaca terlebih dahulu mulai dari record pertama, berurut sampai denga record yang diinginkan.
  1. direct access
melakukan proses  membaca atau menulis suatu record didalam file dengan cara langsung membaca record pada posisi yang diinginkan tanpa membaca dari record awal terlebih  dahulu.
 
ORGANISASI FILE
Penyimpanan ataupun penulisan character demi character yang ada didalam external memory, harus diatur sedemikian rupa sehingga komputer bisa dengan mudah menemukan kembali data-data yang tersimpan didalamnya. Aturan inilah yang dikenal sebagai organisasi file.
Dalam Organisasi File dikenal ada beberapa metoda, yaitu: Sequential File, Random File dan Index Sequential File.
  1. File urut à Sequential file merupakan suatu cara penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara berurutan. Dalam hal ini, data yang ada akan disimpan sesuai dengan urutan masuknya. Data pertama dengan nomor berapapun, akan disimpan ditempat pertama, demikian pula dengan data berikutnya yang juga akan disimpan ditempat berikutnya
Dalam melakukan pembacaan data, juga akan dilakukan secara berurutan,
pembacaan akan dimulai dari data paling awal dan dilanjutkan dengan data berikutnya sehingga data yang dimaksud bisa ditemukan
  1. File akses langsung / Randomà file dengan organisasi acak dengan pengaksesan secara langsung
Random file merupakan suatu cara penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara random atau langsung.
Random file juga disebut sebagai Direct Access File (Bisa dibaca secara langsung). Dalam hal ini, tempat penyimpanan data sudah diatur sedemikian rupa, sehingga setiap data akan tersimpan didalam tempat-tempat yang telah ditentukan sesuai dengan nomor data yang dimiliki-nya.
Karena data yang disimpan menggunakan teknik random, maka data yang dibutuhkan bisa langsung ditemukan tanpa harus membaca data-data sebelumnya.
dan seandainya data dibaca secara berurutan, juga dimungkinkan
  1. Indexed sequential file (ISAM)à merupakan file dengan organisasi urut (sequential organization) dengan peangaksesan secara langsung (direct access).
Index Sequential File merupakan perpaduan dari teknik sequential dan random file. Teknik penyimpanan yang dilakukan, menggunakan suatu index yang isinya berupa bagian dari data yang sudah tersortir.
Index ini diakhiri denga adanya suatu pointer (penunjuk) yang bisa menunjukkan secara jelas posisi data yang selengkapnya. Index yang ada juga merupakan record-key (kunci record), sehingga kalau record key ini dipanggil, maka seluruh data juga akan ikut terpanggil.
Dalam Metode penyimpanan terdapat 2 jenis peralatan yang digunakan :
Piranti akses Serial (SASD)
Media penyimpanan dimana dalam akses membaca dan menulis data secara berurut
Contoh : pita magnetik atau tape magnetik
Gambaran pembacaan dan media penyimpanan sequential :
Untuk mendengarkan lagu kelima, kita harus melalui lagu kesatu, dua, tiga dan empat terlebih dahulu. Pembacaan seperti inilah yang disebut sebagai sequential atau berurutan.
pada sebuah pita magnetic tape, hanya bisa menyimpan data secara sequential; Dengan demikian, cara pembacaan yang dilakukan juga hanya secara sequential, yaitu berurutan satu persatu sampai nomor record yang dikehendaki diketemukan
Piranti Akses Langsung  (DASD)
Media penyimpanan dimana dalam akses membaca dan menulis data secara langsung
Contoh : Media Compact disk/ DISK Magnetik
Apabila lagu-lagu yang ada kemudian disimpan didalam compack-disk, maka untuk mendengar kan lagu yang ke-lima bisa langsung dilakukan (dibaca secara random). Disamping itu, dengan compack-disk juga bisa dilakukan pembacaan secara berurutan atau sequential.
Dengan menggunakan Direct Access Methode (metode pembacaan/penulisan secara langsung), maka, record yang tersimpan didalam sebuah disket, Hard-disk, CD ROM ataupun Laser-Disk dapat di-access secara langsung dengan tanpa harus membaca seluruh data yang dimilikinya.
penyimpanan data dengan menggunakan teknik index sequential ini, kita bisa melihat daftar isi pada sebuah buku. Pada bagian disebelah kiri disebut sebagai index data yang berisi bagian dari data yang ada. Index data kemudian diakhiri dengan pointer yang menunjukkan posisi keseluruhan isi data.
Sumber : 

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html